Rabu, 28 November 2012

Pusat Kota Adelaide Akan Punya Wifi Gratis


Pusat Kota Adelaide Akan Punya Wifi Gratis

ADELAIDE, KOMPAS.com -- Kota Adelaide akan menyediakan fasilitas wifi gratis akhir tahun 2013, dan menjadikannya kota di Australia pertama yang menyediakan fasilitas tersebut. Pemerintah negara bagian South Australia dan Dewan Kota Adelaide memaparkan rencana tersebut, Rabu (28/11/2012), guna menyediakan fasilitas internet berkecepatan tinggi gratis di dalam wilayah pusat kota Adelaide, yang di Australia biasa dikenal dengan sebutan CBD (Central Business District).
Bila ini menjadi kenyataan, Adelaide akan mengikuti jejak kota-kota lain di dunia yang sudah menyediakan fasilitas serupa, seperti  Praha (Ceko), Singapura, Chattanooga, Wellington, Auckland (Selandia Baru), dan Luxembourg.
Menteri Negara Bagian South Australia Jay Weatherill mengatakan, proyek Broadband Wireless Adelaide City ini diharapkan akan membuat para pengunjung, mahasiswa, ataupun turis menghabiskan lebih waktu mereka di CBD. "Kami ingin membuat Adelaide menjadi kota modern, progresif dan pintar." kata Weatherill seperti dilaporkan harian The Advertiser.
"Ini juga membuka kesempatan bagi para wiraswastawan kita yang paling inovatif. Bagi bisnis lokal ini memberi cara baru untuk berkomunikasi dengan konsumen." tambah Weatherill.
Pemerintah sudah meminta lembaga konsultan KPMG melakukan studi kelayakan, dan memberi dana 1 juta dolar (Rp 10 miliar) untuk memulai inisiatif tersebut.
Wali Kota Adelaide, Stephen Yarwood menyambut baik ide ini dan mengatakan layanan internet "berkualitas tinggi dan dapat dipercaya" akan membawa harum nama Adelaide. "Ini adalah usaha untk menggunakan sosial media guna membuat merk Adelaide menjadi mendunia. Semakin mudah orang bisa mengakses internet dan menggunakan sosial media, semakin banyak pengguna di kota ini yang bisa memperkenalkan Adelaide," tutur Yarwood.
Saat ini, Dewan Kota Adelaide sudah menyediakan wifi gratis di sekitar 100 toko dan cafe di dalam wilayah CBD. Bulan lalu, pemerintah juga memulai masa percobaan selama 12 bulan dengan menyediakan wifi gratis di trem Adelaide, dan 20 bis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar